VISI
“SD Xaverius Terbanggi Besar Mewujudkan Peserta Didik yang Unggul dan Transformatif Secara Berkesinambungan”
MISI
- Memiliki kinerja unggul (excellent performance) secara berkesinambungan.
- Menyelenggarakan pendidikan berkualitas (quality education) secara sistematis.
- Membangun nilai sosial (social value) berlandaskan iman Katolik.
- Beradaptasi terhadap dinamika masyarakat Indonesia.
TUJUAN
Tujuan akhir yang diharapkan oleh SD Xaverius Terbanggi Besar dalam pelaksanaan program-program sekolah untuk mewujudkan visi sekolah.
- Tujuan Jangka Panjang (2022-2028)
a. Menghasilkan lulusan yang berakhlak mulia dalam hal tertib beribadah, 5S (Senyum, Sapa, Salam, Santun dan Sopan), dan empati.
b. Menghasilkan lulusan yang mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi sesuai minat dan bakat yang dimiliki.
c. Menghasilkan lulusan yang terampil dalam berpikir kritis, kreatif, menghasilkan karya, memanfaatkan teknologi digital, dan mengembangkan minat serta bakatnya.
d. Menghasilkan lulusan yang memiliki penguasaan 6 literasi dasar (literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi budaya kewarganegaraan dan literasi finansial).
e. Terciptanya karakter toleransi melalui pengalaman lintas budaya dalam pembelajaran lintas kelas (cross teaching). - Tujuan Jangka Menengah (2022-2025)
a. Tercapainya prestasi sesuai minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler dan kegiatan kompetisi.
b. Berkembangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi, Critical Thinking, Collaboration, Creativity, Communication (4C), kemampuan literasi dasar melalui kegiatan intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, ekstrakurikuler, dan pembiasaan literasi yang direncanakan dan dievaluasi secara berkala.
c. Berkembangnya karakter toleransi dan kebhinekaan melalui kegiatan pembiasaan dan projek penguatan profil pelajar Pancasila. - Tujuan Jangka Pendek (2022-2023)
a. Terwujudnya peserta didik yang berakhlak mulia melalui pelaksanaan budaya tertib beribadah, berdoa, dan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Santun dan Sopan).
b. Tumbuhnya sikap nasionalisme, patriotisme, dan bangga atas budaya lokal melalui kegiatan upacara, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lagu wajib nasional dan lagu daerah, pembelajaran intrakurikuler, projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta ekstrakurikuler.
c. Tumbuhnya sikap empati melalui kegiatan sosial (APP, Aksi Natal, Hari pangan, dan lain-lain)
d. Terpenuhinya kebutuhan belajar yang sesuai bagi setiap peserta didik melalui asesmen diagnostik dan pembelajaran berdiferensiasi.
e. Berkembangnya minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler.
f. Meningkatnya kualitas pembelajaran melalui pembelajaran berbasis aktivitas, tutor sebaya, dan kerja sama dengan orang tua.
g. Meningkatnya kemampuan peserta didik dalam mengoperasikan perangkat komputer untuk mendukung pembelajaran dan asesmen.