Terbanggi Besar – SD Xaverius Terbanggi Besar kembali menggelar Asesmen Sumatif Tengah Semester Ganjil tahun ajaran 2024/2025, yang berlangsung mulai hari Senin hingga Jumat, 30 Agustus hingga 4 September 2024. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan evaluasi komprehensif terhadap kemajuan belajar siswa.
Tujuan utama dari pelaksanaan asesmen ini antara lain:
- Evaluasi Pemahaman: Asesmen ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang telah diajarkan selama setengah semester. Hal ini penting untuk mengetahui tingkat penyerapan materi oleh siswa.
- Umpan Balik: Hasil asesmen akan menjadi umpan balik yang berharga bagi siswa. Melalui hasil ini, siswa dapat memahami kekuatan dan area yang masih perlu ditingkatkan dalam proses belajar mereka.
- Peningkatan Kualitas Pembelajaran: Bagi para guru, asesmen ini menjadi alat untuk mengevaluasi efektivitas metode pengajaran yang telah diterapkan. Dengan demikian, guru dapat menyesuaikan strategi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.
- Persiapan Ujian Akhir: Asesmen ini juga berperan sebagai latihan bagi siswa dalam menghadapi ujian akhir, memberikan pengalaman yang serupa dengan ujian yang akan dihadapi di masa mendatang.
- Pengukuran Kompetensi: Kegiatan ini penting untuk menilai sejauh mana pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan kurikulum yang berlaku, sehingga sekolah dapat memastikan siswa mencapai standar yang ditetapkan.
- Motivasi Siswa: Dengan adanya asesmen ini, diharapkan siswa lebih termotivasi untuk belajar lebih aktif dan memahami pentingnya evaluasi dalam proses pendidikan.
Kepala SD Xaverius Terbanggi Besar menyampaikan bahwa asesmen sumatif ini tidak hanya berfokus pada hasil, tetapi juga pada proses belajar itu sendiri. “Kami berharap asesmen ini dapat membantu siswa memahami pentingnya setiap tahap pembelajaran dan bagaimana mereka bisa lebih baik ke depannya,” ujarnya.
Dengan semangat peningkatan kualitas pendidikan, pelaksanaan asesmen ini diharapkan dapat memfasilitasi perkembangan siswa secara menyeluruh, baik dari segi akademik maupun karakter.
Penulis : Ireneus Cahya Wardani